Portal Yang Berbagi Informasi Tentang Pengetahuan dan Ilmu

Cara Membuat Scrapbook

by Fikri , at 6:00 AM , have 1 comment
Assalamualaikum wr.wb. Pagi ini saya akan berbagi tutorial yang berjudul 'Cara Membuat Scrapbook'. Apa itu Scrapbook? Dari asal katanya scrap berarti barang sisa. Definisi Scrapbook adalah seni menempel foto atau gambar di media kertas, dan menghiasnya hingga menjadi karya kreatif. ada 2 Cara Membuat Scrapbook yaitu Cara Manual dan Cara Digital.

Cara Membuat Scrapbook Manual
1. Photo2 yang mau dipakai, bedakan ukurannya.
2. Kertas2 yg dibutuhkan: 1 polos utk dasar, 1 polos utk dasar 2, dan 2 macam kertas berpola.
3. Kertas disobek dengan panduan penggaris. Lalu diwarnai dengan spidol atau pensil warna
4. Photo diperkecil ukurannya, dihias sesuai simetrinya
5. Photo diselipkan ke kertas berpola
6. Kertas dipotong2 lalu disusun sesuai simetri dan diberi keterangan
7. Scrapbook diberi judul
8. Tonjolkan photonya dengan mengatur hiasan secara simetrikal
9. Halaman scrapbook Special 4 U

Cara Membuat Scrapbook Manual

Cara Membuat Scrapbook Digital :
Cara Digital Scrapbook adalah cara yang dilakukan menggunakan perangkat komputer dan biasanya menggunakan aplikasi edit photo seperti Photosop, dll.

Caranya bagaimana ?

Padahal ga semua dari kita punya Photosop, jangan kuatir, kita bisa dapatfree di sini : http://scrapbookflair.com. Setelah mendownload software utk scrapbook, kita tinggal browsing untuk mendapatkan papers, embelishment, fonts, tags, ribbons, etc.

Karena kita masih belajar, cari yang gratisan aja, banyak kok para scrapper yang bagi-bagi freebies buat bikin scrapbook. Pokoknya tinggal di susun aja yg mana urutan yg kita ingin munculkan pertama kali dan seterusnya.Kebetulan saya baru saja dapat software photosop, jadi ada kesempatan belajar pakai photosop.

langkah-langkah pengerjaan scrapbook pada photosop :
1. Aktifkan photosop, kemudian klik di menu file, pilih New. Pasti akan muncul kotak pertanyaan mengenai image size. Normalnya utk Scrapbook : 8X8 inc, 12×12 inch, tapiini jg terserah teman

2. dan untuk resolusi yang terbaik, untuk print adalah 300, dan untuk web share 72.2. Pada menu file, klik Open. Terus kita ambil file paper di folder, kemudian aktifkanMove Tool, kemudian file paper kita drag masukan ke layer yg akan kita buat. Kemudiantekan ctrl T, untuk meng-adjust size paper di layer pertama kita tsb. akan muncul kotak2kecil di sisi2 gambar, terus kita tarik kiri/kanan/atas bawah, atau dari kotak pojok kananagar hasil gambar proporsional.

3. Klik Open lagi pada menu file, buka file photo yg akan kita masukan, caranya samadengan langkah No.2

4. Klik Open lagi, ambil embelishment, tags, ribbon, etc. Cara sama dengan langkah no. 2

5. Nanti akan kita dapati banyak layer di kotak kerja sebelah kanannya. Setelah itu kita susun urutan2 layernya agar jadi susunan yang rapi dan cantik.

6. Setelah beres urusan susun menyusun, baru deh kita tambah Text. Klik Text tool di panel kiri, kemudian kita ketik-ketik deh katanya sesuai keinginan.
Cara Membuat Scrapbook Digital

Tingkatkan kreatifitas kita yah. Sekian dari saya Mochammad Fikri yang menuliskan artikel tentang Cara Membuat Scrapbook. Terima kasih sudah berkunjung.
Cara Membuat Scrapbook
Cara Membuat Scrapbook - written by Fikri , published at 6:00 AM . And have 1 comment
1 comment Add a comment
Unknown
Makasih infonya,ya...
Bermafaat banget,nih :-)
Reply Delete

Silahkan berkomentar dengan baik. Komentar anda sangat diperlukan untuk perkembangan Blog ini. Gunakan lah OPEN ID. Komentar disini tanpa kode verifikasi. Baca juga Posting lain | Daftar Isi

Cancel Reply
GetID

© Matematika

© Fisika

© Kimia

Copyright ©2013 Pengetahuan Olandsky
-->