Portal Yang Berbagi Informasi Tentang Pengetahuan dan Ilmu

Sejarah Tentang DOS (Disk Operating System)

by Unknown , at 11:02 PM , have 2 komentar
DOS atau Disk Operating System adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan. Keluarga DOS terbagi menjadi bebrapa kelas, yakni :

1. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) , termasuk di antaranya adalah Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.

2. IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating , yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh komputer IBM PC.
 

3. DR-DOS (Digital Research Disk Operating System) , yang dibuat oleh pembuat sistem operasi CP/M, Gary Kildall.
 

4. Novell Personal Netware , merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated).
 

5. Caldera DOS , merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.
 

6. FreeDOS , merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan penggunaberbasis teks (text-mode user interface), dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Prompt default yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar (>), seperti C:\>, C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat menggunakan symbol prompt lainnya dengan menggunakan perintah PROMPT. Sistem operasi ini juga bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan prosesor pada modus real (real mode), dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu (single user).

MS-DOS
MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows. MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.

A. Sejarah
MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer, yang bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson--yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS--pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM. 



B. Pengembangan
Sejarah Perkembangan DOS
- DOS 1.0 
- DOS 2.0 
- DOS 3.0 
- DOS 3.1 
- DOS 3.2 
- DOS 3.3 
- DOS 4.0
- DOS 5.0 
- DOS 6.01. 
  • DOS 1.0 ( Versi Awal) 
- Muncul bersamaan dengan computer IBM PC sekitar 1983 
- Memakai memori 12kb 
- Hanya mendukung satu direktori dan 64 file
- Tidak mendukung harddisk  
- Hanya mendukung floppy disk 5 ¼ inci, 160 kb.2. 
  • DOS 1.1 (Perkembangan dari 1.0) 
-Disk drivenya 320kb
  • DOS 2.0 
- Muncul Maret 1983 bersamaan dengan computer IBM PC/XT
- Mendukung harddisk  
- Mendukung direktori hirarki 
- Menyediakan perintah DOS dengan program eksternal sebagai utilitas atau perangkat 
- Meniru seperti Unix 
- Mendukung disket 360 kb 
  • DOS 3.0 
- Mendukung computer disebut computer AT (Advance Technology)
- Mendukung kapasitas disk drive yaitu 1,2 Mb
- Pemakaian RAM disk dengan extended memory yang tidak dapat dipakai langsung oleh DOS
  •  DOS 3.1
- Dikembangkan pada Maret 1985 yng telah mendukung system networking (jaringan) 

Demikian artikel tulisan saya tentang Sejarah Tentang DOS (Disk Operating System). Semoga bermanfaat. Terima Kasih.
Sejarah Perkembangan Komputer
Ada juga pengetahuan tentang Komputer lainnya yang mungkin bisa anda baca Sejarah Perkembangan Komputer

Olandsky

Sejarah Perkembangan Komputer
Sejarah Perkembangan Komputer
Sejarah Tentang DOS (Disk Operating System)
Sejarah Tentang DOS (Disk Operating System) - written by Unknown , published at 11:02 PM, categorized as Komputer . And have 2 komentar
2 komentar Add a comment
Wansa Ramadhan
Oooooo. Ini toh definisi DOS, ane baru ngeh sekarang
Fikri
Iyah gan, itu menurut catatan dosen ane wkkwk
Reply Delete

Silahkan berkomentar dengan baik. Komentar anda sangat diperlukan untuk perkembangan Blog ini. Gunakan lah OPEN ID. Komentar disini tanpa kode verifikasi. Baca juga Posting lain | Daftar Isi

Cancel Reply
GetID

© Matematika

© Fisika

© Kimia

Copyright ©2013 Pengetahuan Olandsky
-->