Portal Yang Berbagi Informasi Tentang Pengetahuan dan Ilmu

Ikhtisar - Struktur dan Fungsi Sel

by Mochammad Fikri , at 9:19 PM , have 0 komentar
Struktur dan Fungsi Sel - Biologi

Pengetahuan Olandsky
akan berbagi salah satu pelajaran Biologi yang berjudul Struktur dan Fungsi Sel. Artikel ini merupakan Ikhtisar - Struktur dan Fungsi Sel yang berarti rangkuman dari bab Struktur dan Fungsi Sel. Langsung saja ini adalah 10  point yang saya rangkum :
  1. Sel meruapakan unit struktural, unit fungsional, dan unit heriditas terkecil mahluk hidup.
  2. Sel mempunyai komponen kimiawi yang dinamakan protoplasma. Di dalam protoplasma ini terdapat garam mineral dan senyawa organik/senyawa karbon seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Sel tersusun atas tiga bagian, antara lain membran sel, sitoplasma, dan organel sel (termasuk nukleus) .
  3. Sel memiliki organel yang bermembran dan tidak bermembran. Organel sel yang bermembran meliputi nukleus, retikulum endoplasma, aparatus Golgi, mitokondria, lisosom, badan mikro, vakuola, dan kloroplas. Sedangkan organel sel yang tak bermembran meliputi ribosom, sitoskeleton, sentrial, badan mikro, dan dinding sel.
  4. Sel hewan dan sel tumbuhan memiliki perbedaan. Sel hewan memiliki bagian-bagian seperti membran sel, sitoplasma, nukleus, retikulum endoplasma, aparatus Golgi, mitokondria, lisosom, badan mikro (peroksisom), sentriol, lisosom, dan vakuola kecil (kalau ada). Sementara sel tumbuhan teridiri atas dinding sel, sitoplasma, nukleus, retikulum endoplasma, ribosom, badan mikro (peroksisom dan glioksisom), aparatus Golgi/ dikriosom, mitokondria, plastida (kloroplas), dan vakuola.
  5. Transpor zat dapat melalui beberapa cara, seperti difusi, osmosis, transpor aktif, eksositosis dan endositosis.
  6. Difusi adalah gerakan acak partikel-partikel, atom, maupun molekul gas atau cairan, dari daerah berkonsentrasi tinggi menuju daerah berkonsentrasi rendah sehingga mencapai kesetimbangan, menurun sesuai gradien konsentrasi.
  7. Osmosis adalah perpindahan zat pelarut melalui membran selektif permeabel, dari konsentrasi zat pelarut tinggi menuju konsentrasi zat pelarut rendah.
  8. Eksositosis merupakan proses pengeluaran bahan-bahan saat terjadi pembentukan dinding sel, sekresi hormon pada sel hewan, dan pengeluaran sisa-sisa pencemaran makanan.
  9. Proses endositosis terjadi dengan cara memasukkan berbagai  zat kecil dan makromolekul ke dalam sel melalui membran. Di dalam sel, endosistosis dapat terjadi secara fagositosis dan pinositosis.
  10. Transpor aktif merupakan transpor zat baik ke dalam maupun ke luar sel menggunakan energi. Sedangkan transpor pasif adalah transpor zat keluar dan ke dalam sel tanpa menggunakan energi.


Sekian dari saya Mochammad Fikri yang menuliskan artikel yang berjudul Ikhtisar - Struktur dan Fungsi Sel. Semoga anda dapat memahami tulisan diatas dan menjadi referensi untuk anda belajar Biologi. Terima kasih sudah berkunjung.
Mochammad Fikri
Ikhtisar - Struktur dan Fungsi Sel - written by Mochammad Fikri , published at 9:19 PM, categorized as Biologi . And have 0 komentar
No comment Add a comment

Silahkan berkomentar dengan baik. Komentar anda sangat diperlukan untuk perkembangan Blog ini. Gunakan lah OPEN ID. Komentar disini tanpa kode verifikasi. Baca juga Posting lain | Daftar Isi

Cancel Reply
GetID

© Matematika

© Fisika

© Kimia

Copyright ©2013 Pengetahuan Olandsky