Portal Yang Berbagi Informasi Tentang Pengetahuan dan Ilmu

Animalia - Coelenterata

by Mochammad Fikri , at 6:00 AM , have 4 komentar
Filum Coelenterata
Coelenterata adalah hewan yang bersel banyak (multiseluler) yang tingkatan evolusinya lebih tinggi dari Porifera. Kata Coelenterata berasal dari bahasa Yunani (coelos = rangga, enteron = usus). Hewan ini mempunyai rongga yang disebut rongga gastrovaskular yang bertugas sebagai usus dan pengedar zat makanan. Coelenterata mempunyai dua lapisan sel tunas, lapisan terluar sebagai epidermis dan lapisan dalam sebagai gastrodermis yang melapisi rongga gatrovaskular. Pada epidermisnya terdapat sel-sel penyengat (nematokist). Antara epidermis dan gastrodermis terdapat massa seperti bubur dan kadang-kadang mengandung sel, bagian ini disebut mesoglea.Hewan ini mempunyai satu muara yang berfungsi sebagai mulut dan anus. Dalam klasifikasi Filum Coelenterata dikelompokkan ke dalam Kingdom Animalia.

Tubuh Coelenterata simetris radial. Ada dua macam bentuk, yaitu :
  1. Polip yaitu bentuk yang melekat pada dasar dan tidak dapat berpindah tempat dengan bebas. Tubuh berbentuk silindris, bagian proksimal melekat di dasar perairan sedangkan bagian distal mempunyai mulut yang dikelilingi oleh tentakel. Gonad terletak epidermal, ada juga yang internal. Polip biasanya hidup dalam koloni.
  2. Medusa (bentuk yang dapat berenang bebas). Umumnya berbentuk seperti payung atau seperti lonceng, tentakel menggantung pada permukaan payung (manubrium). Ruang digesti berupa saluran-saluran radial dan bermuara pada saluran sirkular. Gonad menggantung di bawah saluran radial dan bermuara di dalam saluran radial (internal) atau diluar saluran radial (eksternal).

Klasifikasi Coelenterata
Coelenterata sejati terdiri atas tiga kelas, yaitu Hydrozoa, Scyphozoa (ubur-ubur), dan Anthozoa (anemon dan koral). Semua ditandai adanya rongga gastrovaskular dan nematocyst.

Kelas
Keterangan
Hydrozoa
Hydra viridis
§  Hidup di kolam air tawar dan sungai beraliran lambat.
§  Selalu dalam berbentuk polip, berukuran 6-15 mm.
§  Ujung abrobal melekat pada dasar sedang ujung oral bebas terdapat mulut yang dikelilingi 6-10 tentakel.
§  Pada epidermis terdapat sel khusu yang disebut knidoblast dan di dalamnya mengandung penyengat yang disebut nematokist.
§  Bereproduksi secara seksual dengan membentuk ovarium dan testes (bersifat hermafrodit) dan aseksual dengan pertunasan tetapi tidak membentuk koloni.
Obelia geniculata
§  Hidup di laut.
§  Mempunyai bentuk polip dan medusa.
§  Mengalami metagenesis.
Scyphozoa
§  Bentuk tubuh seperti mangkok.
§  Mulut terdapat padapermukaan bawah.
§  Mempunyai bentuk polip dan medusa.
Contoh : Aurelia aurita (ubur-ubur kuping)
Anthozoa
§  Meliputi anemon dan karang (koral).
§  Ada yang soliter dan ada yang koloni.
§  Sepanjang hidupnya berbentuk polip.
§  Ujung oral mendatar berbentuk seperti piring.

Syarat-syarat hidup karang :
  • Temperatur air laut ± 20 C.
  • Kedalaman laut ± 35 m.
  • Hidup antara 28 LU-28 LS.
Contoh-contoh :
  • Fungia paleta (hewan koral)
  • Tubipora musica (karang suling)
  • Euplexaura antipathes (akar bahar)
  • Metridium sp. (mawar laut/anemon laut).

Sekian dari saya Mochammad Fikri yang menuliskan artikel Biologi yang berjudul Animalia - Coelenterata. Terima kasih sudah berkunjung.
Mochammad Fikri
Animalia - Coelenterata - written by Mochammad Fikri , published at 6:00 AM, categorized as Biologi . And have 4 komentar
4 komentar Add a comment

Silahkan berkomentar dengan baik. Komentar anda sangat diperlukan untuk perkembangan Blog ini. Gunakan lah OPEN ID. Komentar disini tanpa kode verifikasi. Baca juga Posting lain | Daftar Isi

Cancel Reply
GetID

© Matematika

© Fisika

© Kimia

Copyright ©2013 Pengetahuan Olandsky