Portal Yang Berbagi Informasi Tentang Pengetahuan dan Ilmu

Jaringan Epidermis Tumbuhan

by Kiki Raven , at 10:01 PM , have 2 komentar
Jaringan Epidermis pada tumbuhan, merupakan jaringan yang terdiri atas sel-sel berbentuk empat persegi panjang dan terdiri atas satu lapis sel. Jaringan epidermis terletak paling luar, menutupi permukaan tubuh tumbuhan. Epidermis menutupi permukaan organ daun, batang, dan akar muda. Pada akar dan daun, permukaan epidermis biasanya ditutupi zat kimia (kutikula) yang berfungsi untuk mengurangi penguapan tanaman.
Jaringan Epidermis Tumbuhan
Pada dinding Sel Epidermis Pada Tumbuhan tidak terjadi fotosintesis, karena tidak memiliki kloroplas, dan susunan antarselnya pun cukup rapat. Pada organ tumbuhan tertentu, epidermis dapat mengalami modifikasi. Contohnya pada akar memiliki modifikasi berupa tonjolan keluar yang disebut rambut akar, pada bunga mawar, modifikasi berupa duri atau spina.

Berikut ini, ada beberapa ciri atau Karakteristik Jaringan Epidermis Tumbuhan:
Pertama  : Terdiri atas satu lapis sel tunggal
Kedua     :
Tersusun dari sel-sel hidup
Ketiga    : Beragam bentuk, ukuran dan susunannya, tetapi biasanya tersusun rapat tidak ada ruang antar sel
Keempat : Tidak memiliki klorofil
Kelima   :
Mengalami modifikasi membentuk derivat jaringan epidermis, misal stomata,  spina (duri), vilamen , sel kipas, sel kersik (sel silika), dan trikomata (rambut-rambut)
Keenam : Dinding sel jaringan epidermis bagian luar yang berbatasan dengan udara mengalami penebalan, sedangkan dinding sel jaringan epidermis bagian dalam yang berbatasan dengan jaringan lain dinding selnya tetap tipis.

Pada tumbuhan jenis tertentu, lapisan epidermis tidak hanya mengandung air, melainkan adanya kandungan lilin yang berfungsi agar air tidak dapat masuk ke dalam lapisan tersebut, contohnya seperti Cyperaceae, Equistinae. Kedua tumbuhan ini memiliki lapisan di permukaan yang kaku dan keras, ini karena kedua tanaman tersebut mengandung zat karbonat dan kersik pada sel epidermis.
Sel-sel inti epidermis sebagian dapat berkembang menjadi alat tambahan lain yang biasa disebut dengan derivat epidermis, contohnya seperti : sel kipas, stomata, trikoma, sel silika, sel gabus,dll

Demikianlah artikel singkat ini mengenai Jaringan Epidermis Pada Tumbuhan. Semoga bermanfaat. Terima Kasih
Kiki Raven
Jaringan Epidermis Tumbuhan - written by Kiki Raven , published at 10:01 PM, categorized as Biologi . And have 2 komentar
2 komentar Add a comment
Rio Us
wew ane baru tahu, artikelnya bermanfaat gan ^_^
- Blogwalking Yuk! -
Reply Delete
Muhammad Fikri
iyah gan ini epidermis pada tumbuhan, nanti saya akan share lagi ditunggu yah gan :D
Reply Delete

Silahkan berkomentar dengan baik. Komentar anda sangat diperlukan untuk perkembangan Blog ini. Gunakan lah OPEN ID. Komentar disini tanpa kode verifikasi. Baca juga Posting lain | Daftar Isi

Cancel Reply
GetID

✔ Followers

© Matematika

© Fisika

© Kimia

Copyright ©2013 Pengetahuan Olandsky